Wednesday, December 26, 2018

Bug-out Bag




Indonesia adalah satu di antara negara di dunia yang rawan terjadi gempa bumi. Pasalnya, sebagian besar wilayah Indonesia terletak di antara tiga lempeng tektonik: Lempeng Pasifik, Lempeng Hindia-Australia, dan Lempeng Eurasia.
Kondisi ini menyebabkan Indonesia rentan terhadap gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, dan jenis bencana geologi lain, juga banjir dan ancaman teroris atau pertikaian antar kelompok yang sangat rentan terjadi.

Sementara itu, ada juga ancaman invasi dari negara luar, kondisi ekonomi global yang bisa mempengaruhi kelangkaan stok pangan, barang dan juga nilai tukar mata uang.

Ancaman penularan penyakit dalam skala epidemi juga masih bisa mengancam terganggunya kehidupan sehari-hari kita dalam situasi normal.

Bencana bisa datang kapan saja, mempersiapkan diri dalam keadaan yang sangat darurat pun harus diperhatikan.Bencana apapun jenisnya datang tak terduga.Karenanya, kita sendirilah yang harus selalu siap siaga untuk menghadapi Karena itu kita harus selalu siap siaga menghadapinya dan mensiasatinya Salah satunya dengan mempersiapkan tas siaga bencana. Tas Siaga Bencana berisi barang-barang pokok dan penting ketika bencana atau kondisi darurat terjadi.

Tas tersebut berisi kumpulan barang kebutuhan dasar rumah tangga yang dipersiapkan sebelum terjadi bencana dan diperlukan dalam keadaan darurat.

Untuk mempersiapkan tas siaga bencana, kita tinggal menyimpan semua barang yang diperlukan ke dalam kantong plastik kedap air dan memasukkannya ke dalam tas ransel.

Lantas, apa saja benda yang harus ada dalam tas siaga bencana?

1. Air minum minimal untuk 72 Jam

2. Makanan minimal untuk 72 Jam

3. Obat P3K

4. Obat-obatan pribadi

5. Lampu senter (dan ekstra baterai/ cara alternatif untuk mengisi daya)

6. Radio (dan ekstra baterai/ cara alternatif untuk mengisi daya)

7. Sejumlah uang dan dokumen penting (sertifikat kelahiran, sertifikat tanah/rumah, ijazah, dokumen asuransi, surat kepemilikan aset), juga di scan dan di simpan dalam kartu memori/ USB flashdisk.

8. Pakaian, jaket, sepatu, dan jas hujan.

9. Peralatan (peluit, sarung tangan, selotip, pisau serbaguna, masker, pelindung kepala).

10. Pembersih higienis (tisu basah, hand sanitizer, perlengkapan mandi)

Dengan Tas Siaga Bencana ini, bersiaplah untuk kondisi terburuk untuk bertahan setidaknya selama 72 jam atau tiga hari pertama yang diperlukan dalam keadaan darurat.


Belajar kemampuan untuk bertahan hidup ....... Setiap orang harus memiliki tas bug-out
penuh dengan semua hal yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup dalam keadaan darurat.

Menggunakan Ulang | Mendaur Ulang | Ramah Lingkungan ......... Jangan takut, bersiaplah ... (y)